CARA MEMBUAT MINIATUR GAJAH dengan BACKGROUND KEBUN BINATANG

Alat dan bahan    :
1.      Paper craft gajah
2.      Kertas karton putih
3.      Kardus, styrofoam
4.      Tripleks
5.      Koran atau majalah bekas
6.      Pensil, penggaris,spidol warna,correction pen
7.      Cat minyak
8.      Gunting
9.      Double tape
10.  Kain perca
11.  Stick ice cream
12.  Lakban hitam
·         Cara membuat     :
a)      Miniatur gajah
1.      Potong setiap bagian pada miniature gajah sesuai pola, lalu lipat pada bagian yang terdapat nomor, dan garis putus putus kearah dalam, atau membentuk lipatan gunung. Kemudian tempelkan double tape pada bagian tersebut.

 
2.      Jika semua telah terlipat,dan telah tertempel double tape, maka langkah selanjutnya yaitu membuat bagian pada kaki gajah, dengan melipat bagian yang bernomor 4&5 ke arah dalam, sehingga membentuk tabung. Bagian itu dibuat untuk kaki gajah bagian depan dan belakang, lalu keduanya disatuan menggunakan double tape.


3.      Langkah selanjutnya yaitu membuat bagian belalai pada gajah, yaitu dengan menempelkan setiap bagian yang telah terpasang double tape sesuai petunjuk. Cara tersebut dilakukan untuk bagian belalai kedua duanya, lalu satukan bagian bagian tersebut membentuk bagian belalai seutuhnya.


4.      Jika bagian kaki, dan belalai sudah terbentuk, maka langkah selanjutnya yaitu menyatukan bagian punggung gajah pada kaki gajah, menyatukan bagian kepala depan dengan kepala belakang gajah, dan menyatukan belalai pada kepala gajah.


5.      Langkah berikutnya, yaitu menempelkan bagian depan, belakang, sekaligus ekor pada badan gajah.

6.      Jika bagian depan, belakang dan ekor sudah menyatu dengan badan, langkah selanjutnya, yaitu menyatukan kepala gajah dengan badan, menempelkan bagian belalai pada kaki depan gajah, dan memasukkan kain kain perca kedalam kaki gajah sebagai pemberat.


7.      Langkah terakhir pada pembuatan miniature gajah, yaitu dengan menempelkan bagian kaki gajah yang telah terisi kain kain perca dan kertas, pada kertas, dengan mnggunakan double tape, lalu memotongnya mengikuti pola dasar kaki gajah. Hal ini bertujuan agar gajah dapat direkatkan dengan mudah pada tripleks. Dan kini miniature gajah telah selesai dibuat.


  
b)     Background kebun binatang
1.      Siapkan tripleks atau kayu bekas yang berbentuk persegi panjang berukuran kira kira 20X30 cm, lalu lapisi tripleks tersebut menggunakan Koran bekas atau majalah.


2.      Lukis background langit pada kertas berukuran 20X30 cm, dan 20X20 cm(sebanyak 2), dengan menggunakan cat minyak atau cat air. Bagian ini akan berfungsi sebagai background langit pada dinding belakang dan samping kotak.


3.      Tempelkan background langit bagian belakang dan samping pada kardus, lalu satukan kardus yang telah dilapisi background pada tripleks, dengan posisi kardus tegak, dan tripleks mendatar, dan lapisi bagian atas tripleks menggunakan kain perca berwarna abu abu.

4.      Jika bagian background langit untuk sisi belakang dan samping telah terbentuk, langkah selanjutnya, yaitu membuat pelengkap background seperti gunung, pohon, rerumputan, dan pagar. Langkah pertama yaitu membuat gunung. Buat sketsa gunung, lalu warnai, dan potong menurut pola.

5.      Langkah selanjutnya, yaitu membuat pelengkap lain yaitu rerumputan ,pepohonan, dan batu. Buat sketsa rerumputan, pepohonan dan batu, lalu warnai menggunakan cat minyak atau cat air, atau spidol ,kemudian potong sesuai pola. Sebisa mungkin , membuat bagian bagian pelengkap tersebut, tidak hanya satu akan tetapi dua atau lebih. Hal ini untuk memberikan kesan hidup pada background.



6.      Berikutnya yaitu membuat pelengkap lain seperti jalan dan pagar. Buat sketsa jalan pada kain perca, lalu potong potong menurut pola, dan buat pagar untuk kandang gajah menggunakan steak ice cream, dengan bantuan lem G atau lem UHU.


7.      Jika semua bagian pelengkap background telah dibuat, maka langkah berikutnya yaitu memasangkn Styrofoam pada bagian belakang rerumputan, gunung, dan pohon yang telah dibuat, dengan menggunakan double tape. Hal ini bertujuan agar ketika bagian bagian tersebut ditempelkan pada background langit, dapat memberikan kesan timbul, dan lebih hidup.

8.      Langkah yang terakhir yaitu menempelkan dan memasangkan bagian pelengkap background, dengan menggunakan  double tape, seperti gambar di bawah ini. Dapat juga ditambahkan gambaran burung maupun titik titik pada background langit, untuk menambah kesan ramai.

~~~SELAMAT MENCOBA~~~




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL PEMBUATAN TAMAN SAFARI GAJAH

Biodata Bayu Muhammad Aslam